Petani Cabai Binaan Kodim 411/KM Kuatkan Ketahanan Pangan Wilayah

Lamteng, Intisarinews.co.id–Dandim 411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman diwakili Pabung Lampung Tengah Mayor Inf Agus Waluyo didampingi Danramil 0411-08/RB Kapten Ctp Sujono meninjau lahan ketahanan pangan milik bapak Suyat yang merupakan petani cabai binaan Kodim 0411/KM di Kampung Restu Baru Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Kamis (05/09/24)
Rombongan disambut langsung oleh pemilik lahan didampingi mitra petani Ade Wirya (PT Syngenta) dan Surantoni,SP. (PT Syngenta) serta perwakilan masyarakat petani cabai Lampung Tengah dan Lamtim sekitar 100 orang.
Dihadapan para petani cabai, Mayor Inf Agus Waluyo mewakili Komandan Kodim 411/KM mengatakan bahwa Kodim 0411/KM akan selalu bersama masyarakat dalam menjaga Ketahanan Pangan wilayah.
“Untuk itu kami TNI akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dalam segala kegiatan pertanian demi mempercepat Indonesia yang kita cintai ini menjadi negara yang kokoh dalam swasembada pangan,” ucapnya.
“Tidak hanya memikul tugas pokok utama yakni menjaga kedaulatan negara, ketahanan pangan juga merupakan pondasi penting dalam memperkuat NKRI yang kita cintai ini,” pungkasnya.
Di lahan milik Suyat warga Rumbia, para perwakilan petani cabai melihat langsung buah cabai yang sangat lebat dan subur, bahkan dalam sekali petik di satu lahannya (perhektar) miliknya, Suyat bisa menghasilkan 25 karung atau sekitar 40 s.d. 50 kg rata-ratanya.
Dengan menanam cabai jenis Baja F1, Suyat yang dibantu oleh 27 petani binaannya, dalam 1 Ha nya ia bisa melakukan 3 kali petik (panen) dengan estimasi hasil bila dibuat rata-rata harga cabai yang saat ini sekitar berharga Rp.40.000,- maka dalam satu hektarnya ia akan mendapatkan hasil sekitar Rp. 54 Juta.
“Saya dalam melaksanakan aktifitas menanam cabai ini bermita dengan Syngenta, yakni salah satu perusahaan teknologi pertanian global yang berkantor pusat di Basel, Swiss. Mereka senantiasa mendampingi saya dalam hal perlindungan tanaman dan benih.” jelasnya.
Saat ini Suyat sedang menanam cabai sekitar 7 hektar, tak hanya tanaman cabai, Suyat juga menanam semangka, jagung dan singkong.
“Dengan peran serta TNI, dalam hal ini anggota personel Koramil 411-08/Rumbia Kodim 0411/KM, kami selaku petani akan semakin semangat dalam melakukan aktifitas, pak Babinsa benar-benar luar biasa,” ujarnya Suyat.
“Dan saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Syngenta yang selama ini sudah mendampingi saya, sehingga hasil panen tanaman kami semakin meningkat,” pungkasnya. (Man)

Loading