Pemkot Metro Berhasil Meraih Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Metro, Intisarinews.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan juga Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 2024.
Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan kepada kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan program sembilan tatanan yang menjadi domain dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS).
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Metro, Eko Hendro mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap komitmen dan implementasi aksi setiap Provinsi/Kabupaten/Kota dan masyarakat yang terus meningkat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, aman, nyaman dan sehat secara holistik dan berkelanjutan.
“Penyelenggaraannya bertujuan untuk mendorong terwujudnya kondisi kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat,” jelasnya.
Dia menjelaskan, dari 15 kabupaten kota di Provinsi Lampung, Kota Metro merupakan satu-satunya kota yang menerima penghargaan ini.
“Dan penghargaan langsung diterima oleh bapak Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin,” jelasnya.
Eko menuturkan, untuk menjamin semua masyarakat mendapat pelayanan kesehatan, Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin dan Wakil Wali Kota Qomaru Zaman juga menggagas program homecare yang menjadikan metro sebagai kota sehat.
“Program homecare atau tilik warga ini sangat membantu ratusan kepala keluarga di Kota Metro. Jadi lansia atau warga yang kurang mampu mendapatkan layanan homecare ini,” tuturnya.
Selain itu, lanjut dia, Pemkot Metro juga mulai gerakan STBM lima pilar, mengoptimalkan Puskesmas, Posyandu dan lainya. Hal ini, untuk mewujudkan Metro sebagai kota sehat.
“Pemkot Metro juga mendukung gerakan sekolah sehat di SMP Ahmad Dahlan yang pernah meraih juara pertama sekolah dengan pangan dan jajanaan aman,” terangnya.
Eko mengajak masyarakat di Bumi Sai Wawai dan semua pihak untuk bersama-sama mewujudkan swasti saba untuk mewujudkan gemerlang. (Man)

Loading