Minat Baca di Bumi Sai Wawai Tertinggi di Provinsi Lampung

Metro, Intisarinews.co.id — Dimasa Kepemimpinan pemerintahan Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin, minat budaya baca di Bumi Sai Wawai tertinggi di Provinsi Lampung. Hal tersebut diklaim lantaran terjadinya indeks literasi pembangunan masyarakat.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusarda) Kota Metro, Komaruddin mengatakan, capaian tersebut didapatkan dari 7 indikator penilaian yang membuat Metro sebagai kota dengan literasi tertinggi di Lampung.
“Alhamdulillah Metro ini tertinggi di Provinsi Lampung. Jadi, ada 7 indikator diantara pemerataan layanan perpustakaan, ketercukupan koleksi, ketercukupan tenaga perpustakaan, dan kunjungan masyarakat. Kemudian, penunjang lainnya seperti Perpustakaan liber SMP berstandar Nasional, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan perpustakaan dan keanggunan perpustakaan,” kata dia, Selasa, 23 Juli 2024.
Dia menjelaskan, untuk di Dispusarda juga kini telah memiliki koleksi sebanyak 2.400 e-book dan 20.159 buku fisik.
“Ditambah lagi, setiap tahun kita ada peningkatan sebagai perputaran buku ya. Baik itu yang rusak dan buku yang harus di upgrade mengikuti perkembangan zaman,” jelasnya.
Selain ketersediaan buku yang memadai, pojok baca digital (Pocadi) juga termasuk proses pengembangan perpustakaan yang disediakan di outdoor atau luar ruangan.
“Memang, Pocadi ditempatkan diantara Taman Merdeka dan masjid Taqwa Metro sejak 2019 lalu. Ini bisa diakses seluruh masyarakat dengan fasilitas WiFi gratis,” ungkapnya. (Man)

Loading