KPU Kota Metro Gelar Sosialisasi Pilkada Tahun 2024 Bersama Organisasi Media 

Metro, Intisarinews.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU ) kota metro gelar kegiatan sosialisasi pemilihan kepala daerah tahun 2024 bersama 24 organisasi media se- kota metro yang dilaksanakan di Aula gedung Aidia Grande , yang beralamatkan di jalan AR. Prawira Negara no 99 Kauman ,Metro Pusat  Kota Metro Lampung.Jum’at (05/07/2024).
Dalam Acara tersebut dihadiri dari KPU Provinsi Lampung Antonius Cahyalana beserta tim , Plh KPU Kota Metro Yunita Dewi Nurbaya beserta jajarannya , para narasumber yaitu dari organisasi Awpi Veri Sudarto, Pwi Rino Panduwinata dan Abdul Wahab,.dan tidak lupa dihadiri oleh ketua dan sekretaris dari berbagai organisasi media yang berada di kota metro.
Mengawali acara sosialisasi tersebut Antonius  menyampaikan bahwa,” peran  media massa dalam pemilu diantaranya:
1.Sarana menyuarakan aspirasi dan kepentingan masyarakat
2.Menyebarluaskan informasi yang objektif dan berimbang tentang calon parpol dan isu isu terkait pemilu.
3.Mengawasi proses pemilu mengungkapkan adanya potensi pelanggaran atau ketidak patuhan, memastikan integritas penyelenggaraan.
4.Membentuk publik opinion tentang kandidat dan isu- isu politik strategis yang dapat mempengaruhi persepsi masyarakat.
5.Dengan memberikan informan yang lengkap dan akurat, media dapat merangsang partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan pemilu atau pilkada membangun kepedulian dan keterlibatan masyarakat dalam politik.
6.Membantu Pemilu
Selanjutnya Abdul Wahab selaku narasumber juga menyampaikan bahwa”Inklusivitas media dalam mendongkrak partisipasi pemilih dalam metode tidak langsung yang diantaranya:
1.Pilkada Langsung sebagai bagian dari proses demokrasi.
2.Pentingnya partisipasi pemilih untuk legitimasi dan kwalitas demokrasi.
3.Media massa sebagai alat penyebaran informasi dan pendidikan politik.
“sehingga disimpulkan bahwa media massa inklusif adalah kunci untuk mendongkrak partisipasi pemilih yang tinggi mencerminkan demokrasi yang sehat dan berdaya saing serta pemerintah dan penyelenggara pemilu harus mendukung media massa inklusif,”paparnya Abdul Wahab.
Dan tak kalah pula veri sudarto salah satu narasumber sosialisasi tersebut juga menyampaikan bahwa,’Sinergritas media dengan stakeholder pada pemilukada dapat mewujudkan Pemilukada yang berintegritas dan perlu merangkul semua elemen yang ada dimasyarakat salah satu adalah awak media sebagai corong informan dan sekaligus sebagai sosial control.
Dan diakhiri nara sumber yang terakhir oleh ketua pwi kota metro,Rino panduwinata,”Pentingnya Suara pemilih Segmen media massa dalam pemilihan sebagai media yang harus siap membantu meng- up segala pemberitaan yang dikategorikan publikasi,”tutupnya Rino.
Ditempat terpisah Saat diwawancarai Beberapa awak media Antonius Cahya Lana menyampaikan,”jadi media itu adalah pilar keempat demokrasi perannya sangat urgent dan penting dimana media itu menjadi wadah menyalurkan inspirasi dan kepentingan masyarakat, memberikan edukasi dan politik kepada masyarakat memberikan informasi kepada pemilih menjadikan referensi dan bisa menjadi pengawasan dalam pemilu.,’jelas antonius.
Lebih lanjut Antonius membeberkan,”harapannya media gedering sebagai sinergitas semua pihak dalam mensukseskan Pilkada dan pemilu itu sangat penting termasuk medianya dan semaksimal mungkin dilaksanakan,”tutupnya.(Man)

Loading