Disambut Hangat, Siswa Lampung Juara OSN SMA/MA Tingkat Nasional 2024

BANDAR LAMPUNG (ISN) – Kontingen pelajar SMA Provinsi Lampung yang berlaga di kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA/MA Tingkat Nasional Tahun 2024, yang di gelar di DKI Jakarta pada 26 Agustus – 1 September 2024, meraih prestasi dengan membawa pulang enam mendali.

Enam mendali yang berhasil diraih yakni tiga perak dan tiga perunggu. Adapun medali perak diraih Fatih Naufal Habibillah – SMAN 1 Metro (Informatika/ Komputer); Bertrand Hevardy Laluyan – SMAS Xaverius Bandar Lampung (Ekonomi); dan Frans Ronald Fahrezie – SMAS Al Kautsar Bandar Lampung (Geografi).

Sementara perunggu diraih Maharda Syiar Akhlaq – SMAS Al Kautsar Bandar Lampung (Biologi); Nindya Ardelia Sari – SMAN 2 Bandar Lampung (Ekonomi); dan Salsabill Nasya Edwin – SMAS Al Kautsar Bandar Lampung (Kebumian).

Keberhasilan tersebut disambut dengan suka cita oleh pemerintah provinsi Lampung. Kepulangan kontingen di Bandara Radin Inten II di sambut oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA, Diona Katharina, S.Sos., M.Pd, yang mewakili Dipimpin Kepala Disdikbud Dr. Drs. Sulpakar, M.M, Minggu, 1 September 2024.

Kadis Pendidikan Sulpakar mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang ditorehkan oleh pelajar SMA Lampung, yang mampu bersaing di tingkat Nasional.

Menurutnya, OSN dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, mampu mendorong pembentukan karakter siswa berprestasi, jujur, disiplin, sportif, kreatif, dan cinta Tanah Air.

” Selamat untuk siswa-siswi yang sudah meraih prestasi, saya sangat bangga karena kompetisi ini diikuti oleh pelajar SMA/MA dari 38 provinsi di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri, dan mereka mampu bersaing hingga mendapatkan juara, artinya itu sebuah keberhasilan yang patut kita beri apresiasi,” katanya.

Atas prestasi ini, pihaknya juga memberikan penghargaan berupa uang tunai dari Pemprov Lampung kepada kontingen OSN SMA/MA 2024.

“ Semoga prestasi yang didapatkan para siswa ini dapat menginspirasi pelajar lain di Lampung untuk juga mengejar prestasi,” harapnya.

DIketahui bahwa pada OSN SMA/MA Tingkat Nasional Tahun 2024, Lampung mengirimkan 19 peserta untuk mengikuti berbagai bidang yang dilombakan. Para peserta tersebut merupakan para juara OSN SMA/MA Tingkat Provinsi Lampung.

Sementara itu, salah satu siswa peraih medali perunggu Nindya Ardelia Sari, mengucapkan kata syukur atas keberhasilan meraih medali pada OSN SMA/MA 2024. Katanya, kompetisi tersebut merupakan pengalaman berharga.

“Jujur, ini pengalaman sangat luar biasa bagi saya karena bisa membawa pulang medali meski perunggu. Tak terbayang berhasil meraih prestasi karena OSN 2024 ini diikuti pelajar SMA/MA se-Indonesia bahkan sekolah kita di luar negeri,” katanya.

Ia mengaku, selama mengikuti OSN di Jakarta memperoleh pelayanan maksimal dari penyelenggara serta pendampingan baik dari Disdikbud Lampung. Turut hadir pada penyambutan kontingen tersebut, sejumlah Kepala SMA di Lampung, serta jajaran Disdikbud Lampung. (*)

Loading