Kementerian Pertahanan RI Gelar   Sosialisasi PKBN Lingkup Masyarakat di Lampung, Upaya Menguatkan Ketahanan Bangsa

METRO, Intisarinews.co.id – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menggelar Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara lingkup Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung dalam rangka menyebarluaskan Nilai Dasar Bela Negara. Demikian amanat Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Mayjen TNI Piek Budyakto  yang dibacakan Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigadir Jenderal TNI G.Eko Sunarto, S.Pd., M.Si dihadapan Ormas, Toga, Todat dan organisasi lainnya lingkup Masyarakat pada saat pembukaan Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Hotel Idia Grande pada Kamis (22/8/2024).
Disisi lain Mayjen TNI Piek Budyakto  dalam amanatnya menyampaikan bahwa Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertahanan dan TNI  semata,  tetapi  menjadi tanggung jawab bersama seluruh Kementerian/Lembaga termasuk Pemda serta seluruh komponen bangsa lainnya. Bela Negara bagi lingkup masyarakat  merupakan bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter bangsa serta merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dari pembangunan Revolusi Mental dari Kabinet Indonesia bersatu.
Jelasnya, bahwa Implementasi nilai dasar Bela Negara sangat penting dan dibutuhkan bagi Negara, terlebih bila mencermati perkembangan dinamika ancaman saat ini, yaitu di era kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi. Bentuk ancaman saat ini tidak lagi bersifat konvensional, tetapi lebih bersifat non konvensional/non militer, bahkan mempengaruhi  hati dan pikiran manusia secara paradigmatis.  Hal tersebut dapat menimbulkan efek yang sangat fundamental   karena  dapat   merusak  sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana suatu bangsa dapat hancur oleh bangsanya sendiri, karena hati dan pikiran manusia merupakan benteng pertahanan terakhir yang dimiliki oleh   suatu bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman, sebab peperangan yang sesungguhnya adalah medan peperangan di dalam pikiran dan hati manusia. Salah satu upaya untuk menangkal ancaman tersebut di atas adalah dengan melaksanakan Pembinaan Kesadaran Bela Negara.
Pada kesempatan lain, Bupati Lampung Timur dalam sambutannya diwakili Staf Ahli bidang politik hukum dan pemerintahan Bapak Drs Wirhan Riadi, M.M, bahwa kegiatan seperti ini sangat penting bagi peserta Sosialisasi kesadaran Bela Negara karena dapat memperkuat pemahaman segenap komponen masyarakat Lampung guna semakin meningkatan pengetahuan yang selanjutnya menjadi bekal untuk memperkuat kesadaran Bela Negara.
Disisi lain, Bupati Lampung Timur juga mengatakan bahwa sebagai daerah yang terus berkembang, Pemerintah Kabupaten Lampung telah mengambil langkah-langkah yang bertujuan untuk melibatkan warga secara proaktif berpartisipasi menyampaikan perkembangan di wilayahnya masing-masing dan  nantinya akan menjadi bagian dari upaya untuk membangun dan menciptakan konsolidasi, koordinasi, sinergi serta integrasi penyelenggaraan Pembinaan Kesadaran Bela Negara.
Hadir dalam acara pembukaan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara para pejabat Forkopimda Kabupaten Lampung Timur dan para Narasumber yang memberikan materi Pembinaan kesadaran Bela negara dilingkup Masyarakat.
Narasumber pada kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di lingkup Masyarakat TA. 2024 kali ini,  dari Kementerian Pertahanan adalah Analis Madya Bidang Komsos  Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan RI Kolonel Agus Junaidi dengan materi Bela Negara, FKPT Provinsi Lampung Drs Muhammad Firsada, M.Si. dengan materi Pencegahan Radikalisme dan teriorisme, Kakanwil Kemenag Kabupaten Lampung Timur Drs. Marwansyah dengan materi Pemahaman dan penguatan Moderasi agama dalam wawasan kebangsaan dan Bela Negara dan  dari Kaban Kesbangpol Kabupaten Lampung Timur Bapak Syahrul Syah, S.Pd.  dengan materi Peran kearifan lokal dalam menumbuhkembangkan Nilai dasar Bela Negara di wilayah Lampung.(*)

Loading