Walikota Metro Hadiri Gebyar Launching IVA Test (DNA HPV) & Sadanis Wujudkan Wanita Sehat

Metro, Intisarinews.co.id – Peresmian  atau Gebyar launching IVA Test (DNA HPV) & Sadanis wujudkan wanita sehat, wanita kuat cegah kanker serviks & payudara tingkat kota tahun 2024.
Acara yang berlangsung di sekretariat yayasan kanker Indonesia (YKI) cabang Kota Metro tersebut turut dihadiri Wali Kota Metro, Wakil Walikota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Direktur RSUD Jend. A Yani, Para Kepala OPD, Camat, Lurah, dan Kepala UPTD Puskesmas Kota Metro, Rabu 03/07/2024.
Wali Kota  mengatakan, bahwa dengan diresmikannya Iva Test DNA HPV & Sadanis yang dapat membantu masyarakat. Pemerintah memberikan pelayanan pemeriksaan  kanker serviks secara gratis.
“Gebyar launching Pemeriksaan HPV DNA Genotyping adalah prosedur tes berbasis molekuler yang bertujuan untuk mencari atau mengetahui adanya tanda-tanda infeksi HPV. Pemeriksaan ini diutamakan untuk mendeteksi jenis (strain) dari Human Papillomavirus  yang berisiko tinggi (high-risk strains of HPV) Kanker mulut rahim.  Sadanis dalam Pemeriksaan Payudara secara Klinis yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.
Dengan menghindari potensi munculnya kanker payudara, dan melakukan deteksi dini diharapkan penderita bisa segera menemukan kanker pada stadium yang lebih dini. Hal ini dapat meningkatkan peluang kesembuhan hingga 80-90%,” jelasnya.
Wahdi menerangkan bahwa dengan adanya program Iva Test dari pemerintah  masyarakat dapat melakukan pemeriksaan di seluruh instansi kesehatan secara gratis.
“Biaya Test HPV DNA Genotyping memang cukup mahal,  yang gratis adalah Iva Test. Bisa di lakukan di  puskesmas, dan rumah sakit yang khusus melayani Iva, dan di puskesmas sudah bisa semua,” terangnya.
 Eko Hendro Saputra Kepala Dinas Kesehatan menambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran perilaku masyarakat terutama dilingkungan Pemerintah Kota Metro.
“Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kesadaran perilaku kita terhadap pencegahan penyakit kanker, dimana senantiasa menjaga hidup bersih dan sehat, meningkatkan kewaspadaan kaum perempuan untuk penyakit Kanker Serviks dan Payudara, kesadaran individu, dan masyarakat untuk mengambil peran pengendalian kangker pada perempuan, melibatkan seluruh stakeholder, ” kata Eko.
Eko menyebut kegiatan Iva Test (HPV DNA) & Sadanis telah di laksanakan sejak tanggal 1 Juli – 5 Juli 2024 yang dilakukan Puskesmas Sekota Metro.
Selanjut ia menambahkan bahwa di tahun 2023 sudah ada Vaksin HPV (Imunisasi untuk melindungi tubuh dari infeksi HPV) untuk anak usia dini jenjang kelas 5 dan 6 sekolah dasar di Kota Metro.
“Jadi generasi muda kita kaum perempuan  ke depan akan terhindar dari kangker serviks dan kanker payudara.  Dan pada bulan Agustus mendatang akan kembali diadakan vaksin untuk kelas 5 dan 6 Kota Metro,” ujarnya. (Man)

Loading